Profil Tk / PAUD Harapan Bunda Desa Langkang Baru
KATA PENGANTAR
Puji dan
syukur kehadirat Allah, karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya, penyusunan Profil
Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Bunda ini dapat tersusun.
Dengan
tersusunnya profil ini diharapkan semua pihak dapat membantu dan memberikan dukungan
agar Program Pendidikan di usia dini ini khususnya di Desa Langkang Baru dapat
berkembang dengan baik, sesuai dengan cita – cita bangsa kita “mencerdaskan
kehidupan bangsa”. Terlepas dari itu semua dukungan dan partisipasi dari
masyarakat sangatlah memiliki peranan dan porsi yang sangat penting bagi
kelangsungan perkembangan PAUD ini dimasa depan nanti.
Dalam
kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang
telah memberikan dukungan baik moril maupun materi sehingga Pendidikan Usia Dini
ini sampai sekarang dapat berjalan dan
berkembang secara terarah dan berkualitas.
Demikian kata
pengantar ini yang dapat kami sampaikan, semoga Lembaga Pendidikan Anak Usia dini
(PAUD) Harapan Bunda tetap berjaya, Amiiiinnn.........
Langkang
Baru , 09 Januari 2017
KEPALA
SEKOLAH
SITI
UMI HANI
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
“HARAPAN BUNDA”
DESA LANGKANG BARU KECAMATAN PULAU LAUT
TIMUR
KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN
SELATAN
LATAR BELAKANG
Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu kunci mengatasi
keterpurukan bangsa, khususnya dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang handal nantinya.
Berbagai penelitian bidang Neurologi menunjukkan, bila anak distimulasi sejak dini,
maka akan ditemukan Genius (pontensi paling unggul) dalam dirinya. Setiap anak memiliki
kemampuan tak terbatas dalam belajar dalam dirinya untuk dapat berpikir kreatif
dan produktif. Oleh karena itu anak memerlukan program yang mampu membuka kapasitas
tersembunyi tersebut ( unlocking the capaticy ) melalui pembelajaran bermakna
seawall mungkin. Bila potensi pada diri anak tidak
pernah terialisasikan, maka itu
berarti anak telah kehilangan peluang momentum penting dalam hidupnya, dan pada
gilirannya Negara akan kehilangan sumber daya manusia.
Kebutuhan masyarakat terhadap layanan Pendidikan anak usia
dini ( PAUD ) cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarakat
yang mengikut sertakan anak-anaknya pada program PAUD di desa sejak dari awal berdirinya/
terbentuknya program lembaga Pendidikan pada Tahun Ajaran 2006 – 2007 dengan Keputusan
Penyelengara PAUD Kelompok Bermain Harapan Bunda Nomor : 05/Peg./PAUD-HB/2006
tanggal 07 Juli 2006 dengan jumlah awal anak didik 25 orang. Dari data yang ada jumlah anak usia 2 – 6
tahun yang telah terdaftar Tahun Ajaran ini, di PAUD HARAPAN BUNDA tahun Ajaran
2016 – 2017 sebanyak 43 orang anak dengan
rincian 23 anak laki-laki dan 20 anakperempuan.
Visi dan Misi berdirinya PAUD Kelompok bermain ini Untuk
mewujudkan Pendidikan usia dini melalui system terencana, terarah dan sejalan dengan
perkembangan pendidikan nasional dengan cara menyediakan layanan pendidikan
yang murah dan berkualitas pada anak usia dini serta mengoptimalkan pertumbuhan
dan perkembangan anak di usia dini.
Penyelenggaraan program Pendidikan anak usia dini melalui
pola pemberdayaan masyarakat adalah memperluasakan dan pemerataan pelayanan Pendidikan
anak usia dini serta peningkatan mutu layanan Pendidikan, sehingga dapat mempersiapkan
diri pola Pendidikan usia dini dalam rangka kejenjang pendidikkan wajib belajar
9 tahun, dengan membuka wawasan dan ketangkasan pola pikir anak usia dini.
Untuk mencapai kurikulum tahapan belajar mengajar telah diterapkan
sebagai berikut :
1.
Melakukan kurikulum
dan GBPP yang berlaku sesuai prosedur pengembangan system Pendidikan nasional atau
petunjuk dinas yang berwenang
2.
Kurikulum yang
menganut Pendidikan yang berorientasi pada Tujuan akhir secara jelas yang harus
dicapai oleh para murid dan menyusun rencana kegiatan belajar mengajar dan membimbing
murid dalam melaksanakannya.
3.
Kurikulum yang
menganut pendekatan dan berorientasi secara integral. Dalam arti setiap pelajaran
tertentu memiliki keterkaitan dengan setiap sub bidang tertentu.
4.
Kurikulum yang
menekankan pada efisiensi dan efektifitas penggunaan dana, daya dan waktu yang
tersedia pada jam sekolah dan dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar yang
sesuai intruksional yang sudah digariskan.
5.
Disamping itu menganut
tujuan – tujuan intruksional dan struktur program kurikulum yang terdapat dalam
keputusan Menteri Pendidikan Nasional.
6.
Garis - garis besar
program pengajaran ( GBPP ) yang meliputi :
-
Tujuan kurikulum setiap
bidang pelajaran
-
Tujuan intruksional
umum secara bertahap dilaksanakan untuk mencapai tujuan setiap pembelajaran.
-
Pokok – pokok bahasan
setiap bidang pelajaran yang dijabarkan secara berencana dan dijabarkan setiap satuan
pelajaran ( SP ) sesuai dengan bidang pelajarannya.
PROSES
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR :
1.
Kegiatan Pendidikan
Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Bunda dilaksanakan 6 hari dalam seminggu selama
120 menit tiap pertemuan.
No.
|
WAKTU
|
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
|
1.
|
08.00 – 08.45
|
Anak datang, bermain di lua rruangan
|
2.
|
08.45 – 09.00
|
Transisi
|
3.
|
09.00 – 09.30
|
Kegiatan Area
|
4.
|
09.30 – 09.45
|
Makan, istirahat
|
5.
|
09.45 – 10.00
|
Transisi, pulang
|
2.
Tata Tertib Sekolah
1.
Masuk Belajar jam
08.00 wita
2.
Baris - berbaris
3.
Do’a Belajar
4.
Bermain sambil belajar
5.
Da’a mau pulang
6.
Salam Sayang
3.
Indikator Perkembangan Anak
Indikator perkembangan anak didik mengaju pada :
1.
Perkembangan Kesehatan
a.
Mata/ Penglihatan
b.
Telinga/ Pendengaran
c.
Mulut
d.
Gigi/ Geligi
e.
Hidung/ Penciuman
f.
Kulit
g.
Anggota Badan
h.
Berat Badan
i.
Tinggi Badan
2.
Perkembangan Pembentukan
Perilaku
a.
Dapat berdo’a sebelum
dan sesudah melaksanakan kegiatan
b.
Mengenal bermacam-macam
Agama
c.
Mengenal Ibadah menurut
keyakinannya
d.
Mengenal dan menyayangi
ciptaan Tuhan
e.
Dapat mengucapkan salam
dengan baik sopan santun
f.
Mulai tumbuh
dengan disiplin
g.
Mulai berperilaku saling
hormat menghormati
h.
Bersikap ramah
i.
Tumbuhnya sikap kerjasama
dan persatuan
j.
Mulai menunjukan
rasa percaya diri
k.
Mulai menunjukan kepedulian
l.
Mulai menjaga kebersihan
diri dan mengurus diri
m.
Dapat menjaga lingkungan
n.
Tertib dan patuh kepada
peraturan
o.
Mulai dapat menjaga
keamanan diri sendiri
p.
Mulai dapat bertanggungjawab
3.
Perkembangan Kemampuan
Dasar
a.
Kemampuan Berbahasa
b.
Kognitif
c.
Fisik dan Motorik
d.
Seni
4.
Guna mendukung penyelenggaraan program PAUD dimaksud, sarana dan prasarana dan
pendidik yang ada di lembaga adalah sebagai berikut :
No.
|
JENIS SARANA/ PRASARANA
|
JUMLAH
|
KEADAAN
|
1.
|
Gedung Sekolah 1 Unit uk. 7 x 15 m
|
1
|
Baik
|
2.
|
Alat Permainan
|
2
|
Rusak
|
3.
|
Kursi Kantor
|
2
|
|
4.
|
Meja Kantor
|
2
|
|
5.
|
Papan Tulis
|
2
|
Bagus
|
6.
|
Lemari Arsip
|
5
|
Bagus
|
7.
|
Alat Peraga
|
|
|
8.
|
Meja Murid
|
44
|
Bagus
|
10.
|
Buku Administrasi
|
1
|
|
11.
|
BukuTamu
|
1
|
|
12
|
Buku agenda
|
-
|
|
5. Data keadaan status tanah dan bangunan sekolah
1.
Status Tanah : Hak Milik
Nomor : 13/PPFBT/DLB/2006
2.
Ukuran Tanah : Panjang 30 M,
Lebar 20 M
3.
Status Bangunan : Milik Sendiri
4.
Luas Bangunan : Panjang 15 M, Lebar 7 M
5.
Jumlah Bangunan : 1 Unit
6.
Jumlah Lokal : 3 Lokal
7.
Izin Mendirikan Bangunan : No. 684 / 30 IMB / 2006
6.
Sumber dana berdirinya Gedung
Awal berdirinya Gedung PAUD berasal dari Program
Gerbangdes Tahun Anggaran 2006, setelah kurun waktu kurang lebih 10 tahun
Gedung TK/PAUD Harapan Bunda mengalami kerusakan dan perlu rehabilitasi, sehingga
pada tahun anggaran 2016 mendapatkan Rehabilitasi Bangunan Sekolah dengan dana berasal dari APBD Kab.
Sebesar Rp. 199.803.000,- .
7. Susunan
pengurus penyelengara PAUD
1.
Pelindung/Penasehat : Camat Pulau Laut Timur
Kepala Desa Langkang Baru
2.
PenanggungJawab : Ketua TP. PKK Desa Langkang
Baru
3.
Ketua :
Kepala Sekolah PAUD
4.
Anggota :
Dewan Guru PAUD
8.
DAFTAR NAMA PENDIDIK PAUD
N0.
|
N A M A
|
JK
|
TTL
|
PENDIDIKAN
|
JABATAN
|
1.
|
Siti Umi Hani
|
P
|
Banyuwangi
04-10-1974
|
SMEA
|
Kepala sekolah merangkap Pendidik
|
2.
|
Supartini
|
P
|
LangkangBaru
13-06-1978
|
SMA
|
Pendidik
|
3.
|
Erna Dwi Astuti
|
P
|
Kebumen
29-01-1993
|
SMA
|
Pendidik
|
|
9. DATA ALUMI MURID PAUD HARAPAN BUNDA
TAHUN AJARAN 2006-2007 S/D 2016-2017
NO.
|
TAHUN AJARAN
|
JUMLAHH ANAK DIDIK
|
JUMLAH KELULUSAN ANAK
|
||||
LK
|
PR
|
JUMLAH
|
LK
|
PR
|
JUMLAH
|
||
1.
|
2006 - 2007
|
9
|
16
|
25
|
6
|
10
|
16
|
2.
|
2007 - 2008
|
17
|
10
|
27
|
11
|
7
|
18
|
3.
|
2008 - 2009
|
21
|
12
|
33
|
14
|
10
|
24
|
4.
|
2009 - 2010
|
14
|
9
|
23
|
9
|
5
|
14
|
5.
|
2010 - 2011
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
2011 - 2012
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
2012 - 2013
|
22
|
11
|
33
|
6
|
7
|
13
|
8.
|
2013 - 2014
|
24
|
15
|
39
|
19
|
5
|
23
|
9.
|
2014 - 2015
|
17
|
13
|
30
|
8
|
9
|
17
|
10.
|
2015 - 2016
|
19
|
15
|
34
|
10
|
11
|
2
|
11.
|
2016 - 2017
|
23
|
20
|
43
|
|
|
|
10.DAFTAR NAMA ANAK
MURID PAUD HARAPAN BUNDA 2016/2017
Kelompok A
NO
|
NAMA
|
L/P
|
TEMPAT, TGL. LAHIR
|
NAMA
IBU KANDUNG
|
1
|
M.Abhel Rajasya
Febriyan
|
L
|
Kotabaru, 27 Februari
2012
|
Ernawati
|
2
|
Muhammad Karni Ilyas
|
L
|
Kotabaru, 05 November
2012
|
Wiwin
|
3
|
Afika Nur Syafira
|
P
|
Kotabaru, 22 Juni 2012
|
Erna Dwi Astuti
|
4
|
Febrian Maulana
|
L
|
Kotabaru, 22 Februari
2012
|
Jaiyah
|
5
|
Muhammad Andreas
Febrian
|
L
|
Kotabaru,04 Februari
2012
|
Suwarni
|
6
|
Desty Auliya Kurniawan
|
P
|
Kotabaru, 04 Desember
2012
|
Suwanti
|
7
|
Ahmad Alwi
|
L
|
HST,19 Februari 2012
|
Norliana
|
8
|
Fitri Hidayat
|
L
|
Kotabaru,30 Oktober
2011
|
Ika Nazharis
|
9
|
Ayatul Husna
|
P
|
Kotabaru,19 Oktober
2011
|
Noor Fadilah
|
10
|
Muhammad Nur Huda
|
L
|
Kotabaru,18 Juni 2011
|
Susianti
|
11
|
Nurrizka Vera
|
P
|
Kotabaru,16 November
2011
|
Heny Susilawati
|
12
|
Siti Maysaroh
|
P
|
Kotabaru, 28 Desember
2011
|
Kasinah
|
13
|
Muhammad Maulana Raziq
|
L
|
Kotabaru, 05 Februari
2012
|
Linda Herliana
|
14
|
Siti Mutmainah
|
P
|
Kotabaru, 28 Desember
2011
|
Kasinah
|
Kelompok B
NO.
|
NAMA
|
L/P
|
TEMPAT, TGLLAHIR
|
NAMA
IBU KANDUNG
|
1
|
Muhammad Nur Erfiyo
Wibowo
|
L
|
Kotabaru,05 Agustus
2011
|
Dina Fiyatin
|
2
|
Ilham Maulana Sigit
|
L
|
Langkang Baru,18 April
2011
|
Ernawati
|
3
|
Raihan Sa’id
|
L
|
Kotabaru,23 November 2010
|
Baiyah
|
4
|
Wika Setya Utama
|
L
|
Kotabaru,14 April 2011
|
Rika Purnamasari
|
5
|
Meylina Isnaini
|
P
|
Kotabaru,27 Mei 2011
|
Isnawati
|
6
|
Muhammad Alpin Maulana
|
L
|
Kotabaru,15 Juni 2011
|
Siti Aisyah
|
7
|
Muhammad Revangga
|
L
|
Kotabaru,08 Maret 2011
|
Noor Maniah
|
8
|
Muhammad Badally Akbar
|
L
|
Kotabaru,03 Desember
2010
|
Arbainah
|
9
|
Muhammad Alamsyah
Fajar
|
L
|
Kotabru,13 April 2011
|
Siti Fatimah
|
10
|
Risky Aulia Rahman
|
P
|
Kotabru,01 Mei 2010
|
Hamdanah
|
11
|
Haidir
|
L
|
Kotabaru,04 Februari
2011
|
Nor Janah
|
12
|
Rika Junitalia
|
P
|
Kotabaru,01 Juni 2011
|
Saeni
|
13
|
Arumdari
|
P
|
Kotabaru,25 Agustus
2011
|
Nurhayati
|
14
|
Elmi Emilyana
|
P
|
Grobogan,02 September
2011
|
Suratmi
|
15
|
Siti Kamila Regina
Pratama
|
P
|
Kotabaru,15 Juli 2010
|
Rumiati
|
16
|
Muhammad Fuad
Qothrunnada
|
L
|
Banjarmasin,13
Desember 2010
|
Muafatin Khasanah
|
17
|
Azka Tamam Aldrisya
|
L
|
Kotabaru,28 Juli 2011
|
Umi Aniah
|
18
|
Faridatul Putri
|
P
|
Kotabaru,12 Maret 2011
|
Siti
|
19
|
Firdaus Hanief Perdana
|
L
|
Tanah Bumbu,21
Desember 2010
|
Emilia
|
20
|
Revina Ayu Anandhita
|
P
|
Kotabaru,26 Januari
2011
|
Aprilia Sri Rahayu
|
21
|
Yuviko Fatrio
|
L
|
Kotabaru,23 April 2011
|
Misiah
|
22
|
Khoirul Huda
|
L
|
Kotabaru 19 Desember
2010
|
St.Rosita Handayani
Sapitri
|
23
|
Muhammad Afriza
|
L
|
Kotabaru,22 Juli 2010
|
Tomirah
|
24
|
Nur Kumalasari
|
P
|
Langkang Baru,19 April
2011
|
Lina Yunita
|
25
|
Septiana Rahayu
|
P
|
Langkang Baru,
18 September 2010
|
Komariah
|
26
|
Muhammad Rhifki Arfian
Gunawan
|
L
|
Kotabaru,21 Desember
2010
|
Jumiati
|
27
|
Ahmad Sarnubi
|
L
|
Langkang Baru,28
September 2010
|
Yunita Ariani Putri
|
28
|
Ainun Jahrah
|
P
|
Langkang Baru,30
November 2010
|
Malasiah
|
29
|
Muhammad Anshori
|
L
|
Kotabaru,05 Juni 2011
|
Supartini
|
11.INVENTARIS ALAT PERMAINAN
No.
|
U R A I AN
|
JUMLAH
|
KETERANGAN
|
1.
|
Bongkar Pasang
|
1 Set
|
Ada
|
2.
|
Alat Pertukangan
|
1 Set
|
Ada
|
3.
|
Rumah-rumahan
|
1 Sehat
|
Ada
|
4.
|
Donat-donat
|
1 Set
|
Ada
|
5.
|
Rangkaian
|
1 Set
|
Ada
|
7.
|
Macam bentuk Huruf dan Angka
|
1 set
|
Ada
|
8.
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
12.
|
|
|
|
|
|
|
|
Dalam rangka mencapai tujuan
Pendidikan Nasional yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa dan membantu memberikan pembinaan dan Pendidikan bagi anak
usia dini agar terwujudnya seuah generasi yang handal dimasa datang. Maka
dengan itu telah tersusunnya profil ini sebagai ajuan untuk memonitor
perkembangan dari berbagai segi kemajuan dan kehidupan sekolah kedepan dalam
rangka pencapaian tujuan Pendidikan yang diharapkan.
Comments
Post a Comment