Profil Tk / PAUD Harapan Bunda Desa Langkang Baru

KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah, karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya, penyusunan Profil Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Bunda ini dapat tersusun.
Dengan tersusunnya profil ini diharapkan semua pihak dapat membantu dan memberikan dukungan agar Program Pendidikan di usia dini ini khususnya di Desa Langkang Baru dapat berkembang dengan baik, sesuai dengan cita – cita bangsa kita “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Terlepas dari itu semua dukungan dan partisipasi dari masyarakat sangatlah memiliki peranan dan porsi yang sangat penting bagi kelangsungan perkembangan PAUD ini dimasa depan nanti.
Dalam kesempatan ini penyusun ingin mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan baik moril maupun materi sehingga Pendidikan Usia Dini ini sampai sekarang dapat berjalan dan  berkembang secara terarah dan berkualitas.
Demikian kata pengantar ini yang dapat kami sampaikan, semoga Lembaga Pendidikan Anak Usia dini (PAUD) Harapan Bunda tetap berjaya, Amiiiinnn.........

                                                                                                                Langkang Baru , 09 Januari 2017
                                                                                                                KEPALA SEKOLAH


                                                                                                                SITI UMI HANI


PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD)
“HARAPAN BUNDA”
DESA LANGKANG BARU KECAMATAN PULAU LAUT TIMUR
KABUPATEN KOTABARU PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
 


LATAR BELAKANG

Pendidikan Anak Usia Dini merupakan salah satu kunci mengatasi keterpurukan bangsa, khususnya dalam menyiapkan sumberdaya manusia yang handal nantinya. Berbagai penelitian bidang Neurologi menunjukkan, bila anak distimulasi sejak dini, maka akan ditemukan Genius (pontensi paling unggul) dalam dirinya. Setiap anak memiliki kemampuan tak terbatas dalam belajar dalam dirinya untuk dapat berpikir kreatif dan produktif. Oleh karena itu anak memerlukan program yang mampu membuka kapasitas tersembunyi tersebut ( unlocking the capaticy ) melalui pembelajaran bermakna seawall mungkin. Bila potensi pada diri anak tidak
pernah terialisasikan, maka itu berarti anak telah kehilangan peluang momentum penting dalam hidupnya, dan pada gilirannya Negara akan kehilangan sumber daya manusia.

Kebutuhan masyarakat terhadap layanan Pendidikan anak usia dini ( PAUD ) cukup besar. Hal ini dibuktikan dengan semakin banyaknya masyarakat yang mengikut sertakan anak-anaknya pada program PAUD di desa sejak dari awal berdirinya/ terbentuknya program lembaga Pendidikan pada Tahun Ajaran 2006 – 2007 dengan Keputusan Penyelengara PAUD Kelompok Bermain Harapan Bunda Nomor : 05/Peg./PAUD-HB/2006 tanggal 07 Juli 2006 dengan jumlah awal anak didik 25 orang.   Dari data yang ada jumlah anak usia 2 – 6 tahun yang telah terdaftar Tahun Ajaran ini, di PAUD HARAPAN BUNDA tahun Ajaran 2016 – 2017 sebanyak  43 orang anak dengan rincian 23 anak laki-laki dan 20 anakperempuan.
Visi dan Misi berdirinya PAUD Kelompok bermain ini Untuk mewujudkan Pendidikan usia dini melalui system terencana, terarah dan sejalan dengan perkembangan pendidikan nasional dengan cara menyediakan layanan pendidikan yang murah dan berkualitas pada anak usia dini serta mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak di usia dini.
Penyelenggaraan program Pendidikan anak usia dini melalui pola pemberdayaan masyarakat adalah memperluasakan dan pemerataan pelayanan Pendidikan anak usia dini serta peningkatan mutu layanan Pendidikan, sehingga dapat mempersiapkan diri pola Pendidikan usia dini dalam rangka kejenjang pendidikkan wajib belajar 9 tahun, dengan membuka wawasan dan ketangkasan pola pikir anak usia dini.
Untuk mencapai kurikulum tahapan belajar mengajar telah diterapkan sebagai berikut :
1.     Melakukan kurikulum dan GBPP yang berlaku sesuai prosedur pengembangan system Pendidikan nasional atau petunjuk dinas yang berwenang
2.       Kurikulum yang menganut Pendidikan yang berorientasi pada Tujuan akhir secara jelas yang harus dicapai oleh para murid dan menyusun rencana kegiatan belajar mengajar dan membimbing murid dalam melaksanakannya.
3.       Kurikulum yang menganut pendekatan dan berorientasi secara integral. Dalam arti setiap pelajaran tertentu memiliki keterkaitan dengan setiap sub bidang tertentu.
4.       Kurikulum yang menekankan pada efisiensi dan efektifitas penggunaan dana, daya dan waktu yang tersedia pada jam sekolah dan dimanfaatkan dalam kegiatan belajar mengajar yang sesuai intruksional yang sudah digariskan.
5.       Disamping itu menganut tujuan – tujuan intruksional dan struktur program kurikulum yang terdapat dalam keputusan Menteri Pendidikan Nasional.
6.       Garis - garis besar program pengajaran ( GBPP ) yang meliputi :
-                      Tujuan kurikulum setiap bidang pelajaran
-                      Tujuan intruksional umum secara bertahap dilaksanakan untuk mencapai tujuan setiap pembelajaran.
-                      Pokok – pokok bahasan setiap bidang pelajaran yang dijabarkan secara berencana dan dijabarkan setiap satuan pelajaran  ( SP ) sesuai dengan bidang pelajarannya.
PROSES KEGIATAN  BELAJAR MENGAJAR :
1.       Kegiatan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Harapan Bunda dilaksanakan 6 hari dalam seminggu selama 120 menit tiap pertemuan.

No.


WAKTU

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR

1.

08.00 – 08.45

Anak datang, bermain di lua rruangan

2.

08.45 – 09.00

Transisi

3.

09.00 – 09.30

Kegiatan Area

4.

09.30 – 09.45

Makan, istirahat

5.

09.45 – 10.00

Transisi, pulang

2.     Tata Tertib Sekolah

1.       Masuk Belajar jam 08.00 wita
2.       Baris - berbaris
3.       Do’a Belajar
4.       Bermain sambil belajar
5.       Da’a mau pulang
6.       Salam Sayang

3.     Indikator Perkembangan Anak
Indikator perkembangan anak didik mengaju pada :
1.       Perkembangan Kesehatan
a.       Mata/ Penglihatan
b.       Telinga/ Pendengaran
c.       Mulut
d.       Gigi/ Geligi
e.       Hidung/ Penciuman
f.        Kulit
g.       Anggota Badan
h.       Berat Badan
i.         Tinggi Badan

2.       Perkembangan Pembentukan Perilaku
a.       Dapat berdo’a sebelum dan sesudah melaksanakan kegiatan
b.       Mengenal bermacam-macam Agama
c.       Mengenal Ibadah menurut keyakinannya
d.       Mengenal dan menyayangi ciptaan Tuhan
e.       Dapat mengucapkan salam dengan baik sopan santun
f.        Mulai tumbuh dengan disiplin
g.       Mulai berperilaku saling hormat menghormati
h.       Bersikap ramah
i.         Tumbuhnya sikap kerjasama dan persatuan
j.         Mulai menunjukan rasa percaya diri
k.       Mulai menunjukan kepedulian
l.         Mulai menjaga kebersihan diri dan mengurus diri
m.    Dapat menjaga lingkungan
n.       Tertib dan patuh kepada peraturan
o.       Mulai dapat menjaga keamanan diri sendiri
p.       Mulai dapat bertanggungjawab

3.       Perkembangan Kemampuan Dasar
a.       Kemampuan Berbahasa
b.       Kognitif
c.       Fisik dan Motorik
d.       Seni

4.       Guna mendukung penyelenggaraan   program PAUD dimaksud, sarana dan prasarana dan pendidik yang ada di lembaga adalah sebagai berikut  :

No.


JENIS SARANA/ PRASARANA

JUMLAH

KEADAAN
1.
Gedung Sekolah 1 Unit uk. 7 x 15 m
1
Baik
2.
Alat Permainan
2
Rusak
3.
Kursi Kantor
2

4.
Meja Kantor
2

5.
Papan Tulis
2
Bagus
6.
Lemari Arsip
5
Bagus
7.
Alat Peraga


8.
Meja Murid
44
Bagus
10.
Buku Administrasi
1

11.
BukuTamu
1

12
Buku agenda
-


5. Data keadaan status tanah dan bangunan sekolah
1.       Status Tanah                                     : Hak Milik Nomor : 13/PPFBT/DLB/2006
2.       Ukuran Tanah                                  : Panjang  30  M, Lebar 20 M
3.       Status Bangunan                              : Milik Sendiri
4.       Luas Bangunan                                 : Panjang 15 M, Lebar 7 M
5.       Jumlah Bangunan                           : 1 Unit
6.       Jumlah Lokal                                    : 3 Lokal
7.       Izin Mendirikan Bangunan         : No. 684 / 30 IMB / 2006

6. Sumber dana berdirinya Gedung
Awal berdirinya Gedung PAUD berasal dari Program Gerbangdes Tahun Anggaran 2006, setelah kurun waktu kurang lebih 10 tahun Gedung TK/PAUD Harapan Bunda mengalami kerusakan dan perlu rehabilitasi, sehingga pada tahun anggaran 2016 mendapatkan Rehabilitasi Bangunan  Sekolah dengan dana berasal dari APBD Kab. Sebesar Rp. 199.803.000,- .
7. Susunan pengurus penyelengara PAUD
1.       Pelindung/Penasehat                   : Camat Pulau Laut Timur
  Kepala Desa Langkang Baru
2.       PenanggungJawab                          : Ketua TP. PKK Desa Langkang Baru
3.       Ketua                                                    : Kepala Sekolah  PAUD
4.       Anggota                                               : Dewan Guru  PAUD







8.     DAFTAR NAMA PENDIDIK PAUD

N0.

N A M A

JK

TTL

PENDIDIKAN

JABATAN

1.

Siti Umi Hani

P

Banyuwangi
04-10-1974
SMEA

Kepala sekolah merangkap Pendidik

2.


Supartini

P

LangkangBaru
13-06-1978
SMA

Pendidik

3.


Erna Dwi Astuti

P

Kebumen
29-01-1993
SMA

Pendidik

9.     DATA ALUMI MURID PAUD HARAPAN BUNDA
TAHUN AJARAN 2006-2007 S/D 2016-2017
NO.

TAHUN AJARAN

JUMLAHH ANAK DIDIK

JUMLAH KELULUSAN ANAK

LK
PR
JUMLAH
LK
PR
JUMLAH

1.

2006 - 2007

9

16

25

6

10

16

2.

2007 - 2008

17

10

27

11

7

18

3.

2008 - 2009

21

12

33

14

10

24

4.

2009 - 2010

14

9

23

9

5

14

5.

2010 - 2011













6.

2011 - 2012













7.

2012 - 2013

22

11

33

6

7

13

8.

2013 - 2014

24

15

39

19

5

23

9.

2014 - 2015

17

13

30

8

9

17

10.

2015 - 2016

19

15

34

10

11

2

11.

2016 - 2017

23

20

43















10.DAFTAR NAMA ANAK MURID PAUD HARAPAN BUNDA 2016/2017

Kelompok A
NO
NAMA
L/P
TEMPAT, TGL. LAHIR
NAMA
IBU KANDUNG
1
M.Abhel Rajasya Febriyan
L
Kotabaru, 27 Februari 2012
Ernawati
2
Muhammad Karni Ilyas
L
Kotabaru, 05 November 2012
Wiwin
3
Afika Nur Syafira
P
Kotabaru, 22 Juni 2012
Erna Dwi Astuti
4
Febrian Maulana
L
Kotabaru, 22 Februari 2012
Jaiyah
5
Muhammad Andreas Febrian
L
Kotabaru,04 Februari 2012
Suwarni
6
Desty Auliya Kurniawan
P
Kotabaru, 04 Desember 2012
Suwanti
7
Ahmad Alwi
L
HST,19 Februari 2012
Norliana
8
Fitri Hidayat
L
Kotabaru,30 Oktober 2011
Ika Nazharis
9
Ayatul Husna
P
Kotabaru,19 Oktober 2011
Noor Fadilah
10
Muhammad Nur Huda
L
Kotabaru,18 Juni 2011
Susianti
11
Nurrizka Vera
P
Kotabaru,16 November 2011
Heny Susilawati
12
Siti Maysaroh
P
Kotabaru, 28 Desember 2011
Kasinah
13
Muhammad Maulana Raziq
L
Kotabaru, 05 Februari 2012
Linda Herliana
14
Siti Mutmainah
P
Kotabaru, 28 Desember 2011
Kasinah

Kelompok B

NO.
NAMA
L/P
TEMPAT, TGLLAHIR
NAMA
IBU KANDUNG
1
Muhammad Nur Erfiyo Wibowo
L
Kotabaru,05 Agustus 2011
Dina Fiyatin
2
Ilham Maulana Sigit
L
Langkang Baru,18 April 2011
Ernawati
3
Raihan Sa’id
L
Kotabaru,23 November 2010
Baiyah
4
Wika Setya Utama
L
Kotabaru,14 April 2011
Rika Purnamasari
5
Meylina Isnaini
P
Kotabaru,27 Mei 2011
Isnawati
6
Muhammad Alpin Maulana
L
Kotabaru,15 Juni 2011
Siti Aisyah
7
Muhammad Revangga
L
Kotabaru,08 Maret 2011
Noor Maniah
8
Muhammad Badally Akbar
L
Kotabaru,03 Desember 2010
Arbainah
9
Muhammad Alamsyah Fajar
L
Kotabru,13 April 2011
Siti Fatimah
10
Risky Aulia Rahman
P
Kotabru,01 Mei 2010
Hamdanah
11
Haidir
L
Kotabaru,04 Februari 2011
Nor Janah
12
Rika Junitalia
P
Kotabaru,01 Juni 2011
Saeni
13
Arumdari
P
Kotabaru,25 Agustus 2011
Nurhayati
14
Elmi Emilyana
P
Grobogan,02 September 2011
Suratmi
15
Siti Kamila Regina Pratama
P
Kotabaru,15 Juli 2010
Rumiati
16
Muhammad Fuad Qothrunnada
L
Banjarmasin,13 Desember 2010
Muafatin Khasanah
17
Azka Tamam Aldrisya
L
Kotabaru,28 Juli 2011
Umi Aniah
18
Faridatul Putri
P
Kotabaru,12 Maret 2011
Siti
19
Firdaus Hanief Perdana
L
Tanah Bumbu,21 Desember 2010
Emilia
20
Revina Ayu Anandhita
P
Kotabaru,26 Januari 2011
Aprilia Sri Rahayu
21
Yuviko Fatrio
L
Kotabaru,23 April 2011
Misiah
22
Khoirul Huda
L
Kotabaru 19 Desember 2010
St.Rosita Handayani Sapitri
23
Muhammad Afriza
L
Kotabaru,22 Juli 2010
Tomirah
24
Nur Kumalasari
P
Langkang Baru,19 April 2011
Lina Yunita
25
Septiana Rahayu
P
Langkang Baru,
18 September 2010
Komariah
26
Muhammad Rhifki Arfian Gunawan
L
Kotabaru,21 Desember 2010
Jumiati
27
Ahmad Sarnubi
L
Langkang Baru,28 September 2010
Yunita Ariani Putri
28
Ainun Jahrah
P
Langkang Baru,30 November 2010
Malasiah
29
Muhammad Anshori
L
Kotabaru,05 Juni 2011
Supartini

11.INVENTARIS ALAT PERMAINAN 

No.

U R A I AN

JUMLAH

KETERANGAN
1.
Bongkar Pasang
1 Set
Ada
2.
Alat Pertukangan
1 Set
Ada
3.
Rumah-rumahan
1 Sehat
Ada
4.
Donat-donat
1 Set
Ada
5.
Rangkaian
1 Set
Ada
7.
Macam bentuk Huruf dan Angka
1 set
Ada
8.



9.



10.



11.



12.








S. PENUTUP

Dalam rangka mencapai tujuan Pendidikan Nasional  yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan membantu memberikan pembinaan dan Pendidikan bagi anak usia dini agar terwujudnya seuah generasi yang handal dimasa datang. Maka dengan itu telah tersusunnya profil ini sebagai ajuan untuk memonitor perkembangan dari berbagai segi kemajuan dan kehidupan sekolah kedepan dalam rangka pencapaian tujuan Pendidikan yang diharapkan.

Comments

Popular posts from this blog

Cara Mengatasi Error "Failed to set data for RegisteredDA" pada Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES)

Sejarah Desa Langkang Baru